Jarum pelampung aus, akibatnya banjir. Untuk memperbaiki jarum
pelampung yang aus itu sediakan ampelas halus ukuran 1000.
Bongkar jarum pelampung dari posisinya. Tentu harus membuka
empat sekrup pengikat mangkuk. Lalu ampelas ujungnya dengan
cara memutar sampai rata.
Cara itu bisa kusut, karena tinggi pelampung tidak sesuai lagi
dengan rekomendasi pabrik. Untuk ini, mesti tahu rahasia
menyetelnya.
Adapun caranya adalah sebagai berikut :
Pasang kembali jarum berikut pelampung lalu buat patokan dasar,
ukur lagi tinggi pelampung. Pasang mangkuk karbu, cukup diapit
tangan, tidak perlu diikat pakai empat sekrupnya. Posisikan
karburator berdiri. Lalu pasang slang bensin dan biarkan bensin
mengisi mangkuk.
Cabut slang dan buka mangkuknya. Perhatikan jumlah bensin dalam
mangkuk. Melakukan sedikit percobaan dengan memiringkan mangkuk.
Yang normal, permukaan bensin (sisi yang mau tumpah) tepat di
bibir mangkuk, sedangkan permukaan sisi lain, kudu pas dengan
'lantai dasar' coakan ruang pelampung. Itu buat karburator yang
ruang pelampungnya tidak terlalu dalam. Seperti Mikuni di Honda
Astrea Grand dan Supra.
Cara yang beda untuk Mikuni di Yamaha F1ZR dan Keihin Honda GL.
Ketika dimiringkan, permukaan bensin di dalam mangkuk harus
sejajar batas coakan.
Bila terlalu banyak bensin di mangkuk (banjir), tinggal
meninggikan pelambung dan sebaliknya bila kurang, pelampung
dibuat rendah. Pelampung terbuat dari pelat, tinggal menaik -
turunkan kaki stoppernya. Sedangkan pelampung dari plastik,
perlu memanaskan dulu kakinya pakai solder.
Writen by Heru. Source taken from internet articles.
Posted by Pungky Hartawan (hartawans@yahoo.com) on 2007.07.07
-------------------------------------------------------------
pelampung yang aus itu sediakan ampelas halus ukuran 1000.
Bongkar jarum pelampung dari posisinya. Tentu harus membuka
empat sekrup pengikat mangkuk. Lalu ampelas ujungnya dengan
cara memutar sampai rata.
Cara itu bisa kusut, karena tinggi pelampung tidak sesuai lagi
dengan rekomendasi pabrik. Untuk ini, mesti tahu rahasia
menyetelnya.
Adapun caranya adalah sebagai berikut :
Pasang kembali jarum berikut pelampung lalu buat patokan dasar,
ukur lagi tinggi pelampung. Pasang mangkuk karbu, cukup diapit
tangan, tidak perlu diikat pakai empat sekrupnya. Posisikan
karburator berdiri. Lalu pasang slang bensin dan biarkan bensin
mengisi mangkuk.
Cabut slang dan buka mangkuknya. Perhatikan jumlah bensin dalam
mangkuk. Melakukan sedikit percobaan dengan memiringkan mangkuk.
Yang normal, permukaan bensin (sisi yang mau tumpah) tepat di
bibir mangkuk, sedangkan permukaan sisi lain, kudu pas dengan
'lantai dasar' coakan ruang pelampung. Itu buat karburator yang
ruang pelampungnya tidak terlalu dalam. Seperti Mikuni di Honda
Astrea Grand dan Supra.
Cara yang beda untuk Mikuni di Yamaha F1ZR dan Keihin Honda GL.
Ketika dimiringkan, permukaan bensin di dalam mangkuk harus
sejajar batas coakan.
Bila terlalu banyak bensin di mangkuk (banjir), tinggal
meninggikan pelambung dan sebaliknya bila kurang, pelampung
dibuat rendah. Pelampung terbuat dari pelat, tinggal menaik -
turunkan kaki stoppernya. Sedangkan pelampung dari plastik,
perlu memanaskan dulu kakinya pakai solder.
Writen by Heru. Source taken from internet articles.
Posted by Pungky Hartawan (hartawans@yahoo.com) on 2007.07.07
-------------------------------------------------------------